Sabtu, 06 Juli 2013

Melancong Ke Ciwidey (cerita 07/07/13)


Sesuatu keinginan yang ingin dicapai entah bagaimana caranya harus tercapai dan terkabul (Aulia Faizaah, 2013) 

Melancong ke Ciwidey bersama Diena FL, Lusiana FB, Syibil A, Diva A, Arifatuddini Y, Lulu F, Jamilatun N, Rosyda N, dan Ii AF, dan tuan rumah Atriani L, dan Nida F. 


Setelah lulus masa putih abu-abu, gue berencana untuk jalan-jalan ke Bandung bareng teman yang tersayang, tercinta, termanis, teramburadul, terkocak ! maunya mah seangkatan gitu bisa jalan bareng ke Bandung, yha dengan segala drama yang ada pastinya. ngerencanainnya mah udah jauh-jauh hari tapi ya tetep aja gak bisa ikut semua (lu pada kenapa sih??). refleksing setelah kerja keras tahan nafsu untuk ngumpulin duit buat liburan akhirnya bisa dieksekusi. yahh lagi-lagi tetap sedih juga pada gak ikut semua.

satu hal yang menarik dari perjalanan ini adalah gue banget yang pengen, yah maklumlah anak yang tinggal di pulau kalimantan mah suka kepo sama wisata di pulau jawa, salah satunya Bandung. gue yang sama sekali gak tau kota Bandung nekat ngajak beberapa teman gue yang alhamdulillah pada mau ikut juga, kebetulan di Bandung khusus di Ciwidey ada 2 teman gue yang tinggal disana. jadilah syalalala, maklum cari tau di gugel waktu itu jarang banget. bermodal cari tau sama beberapa teman yang udah pernah ke sana dan udah pasti di tuan rumah, namanya Atri dan Nida. haalloooo....

Perjalanan di mulai menuju "Leui Panjang, Ciwidey, Bandung" kali itu yang ikut dalam perjalanan ini ada 11 orang (cukup banyak bukan ?) agak nekat sih gue jadi tour guide dalam perjalanan ini, padahal belum pernah sama sekali kesana HAHAHAHA yang penting pede aja dulu lah, bismillah...

karena kami bersebelas duh berasa banget ini mah kaya mau main bola yak dan kebetulan tinggal dari beberapa kota, ada yang dari Cilegon, Pandeglang, Serang, jakarta barat, jakarta pusat dan gue kebetulan udah nginep di jakarta pusat, agak kejauhan kalau guenya cerita dari kalimantan. jadilah di bagi 3 kloter terminal dengan tujuan yang sama dan inilah orang-orangnya :

  1. Kloter Pertama dari Terminal Pakupatan, Serang ada 6 orang yakni Eva, Dini, Lulu, Ocid (berangkat dari cilegon), dan Mila, Ii (berangkat dari Pandeglang)
  2. Kloter kedua dari Terminal Lebak Bulus, Jakbar ada 2 orang yakni Sybil dan Diva
  3. Kloter Ketiga dari Terminal Pulo Gadung, ada 3 orang Diena, Uci dan pastinya ada gue.

Persiapan gak usah rempong, bawa diri dengan keadaan sehat. (soalnya agak rada sedih kalau lagi sakit), bawa pakaian seadaanya untuk 3 hari, uang secukupnya (cukup ongkos, cukup beli baju, cukup beli tas, cukup beli oleh-oleh, cukup beli makanan, cukup beli-beli terserah elu pada deh, hehehe) inget ! gak usah bawa koper ! tas jinjing ato ransel aja.

Pagi yang cerah, gue mengirim SMS kesemua teman gue :

*Send To Many : Eva, Dini, Lulu, Mila, Ocid, Ii.
Assalam, ditunggu jam 7 di terminal Pakupatan ntar naek bus yang jurusan Bandung. Kita ketemu di leui panjang. Oke ?

  • Eva  : okeehh 
  • Dini : sepp 
  • Lulu : oke 
  • Mila : iya 
  • ii   : menuju terminal pakupatan 
  • Ocid : udah di halte.
*Send To Many : Syibil, Diva 
Assalam, ditunggu jam 8 di terminal Lebak Bulus ntar naek bus yang jurusan Bandung. Kita ketemu di leui panjang. Oke ?

  • Syibil : iyahh.. lagi nunggu Diva 
  • Diva   : sepp..
*Send to Uci, (soalnya gue lagi dirumah Diena) 
Assalam, buruan kesini.. abis ntu kita ke terminal Pulo Gadung. 
    Uci : otw nih..
Oke. Semua sudah siap. Perjalanan di mulai berbeda dan ketemu di LEUI PANJANG, BANDUNG !![Duduk di bis, tidur, nyemil, tidur, liat jalan tol, tidur, tidur , ngobrol, tidurrrrrrrrrrrrrrr] Dannnn…

 SELAMAT DATANG DI LEUI PANJANG, BANDUNG !!

Horrreeeeeeeeeeeeeeee !!! gue bener-bener se excited itu HAHAHAHAHA !!
dan ternyata, si kloter kedua Lebak Bulus nyampe duluan,  disana ada Syibil dan Diva sudah nunggu didepan warung, sih para bocil imut untung kagak dikira anak nyasar ye. Dan ternyata kloter pertama, masiihhhhhh jauuuuhhhh… akhirnya dari pada nungguin mereka di terminal, takut entar dikata preman terminal, ato pengamen akhirnya kita sepakat dengan kloter pertama untuk duluan menuju rumah Atri.

Nah, dari sinilah kami pada bingung dan kebetulan kami berlima gak ada yang bisa bahasa sunda, ampe dikatain budek ama kenek yang ternyata pada nyolot juga, karena pas ditanya kita pada gak ngejawab HAHAHA, maap akang teteh. setelah dapet SMS dari Atri, kalau kita disuruh naik KOL tujuan Ciwidey, suka genting. wait, hah KOL ? kalau lu jadi gue pasti ikut bingung untuk pertama kalinya denger “KOL” apaan ?? sayuran ?? yang biasa buat lalapan trus berubah jadi kendaraan kalau si sulap “addaaakadabraaaa? Syalllaaaa hihihuhuhu, hemmm, mungkin gak ?? Gak mungkin kan ?? hehee,

Ternyaata “KOL” itu kendarann semacam mobil carry gitu salah satu angkot disana tapi dengan sebutan KOL. Akhirnya kita berlima masuk, ternyata muat kok, oke jalan bang, tapi apa yang terjadi ??? apa coba ?? si abang kenek nyuruh masuk lagi penumpang yang lain.. lah gimana ceritanya ?? itu mobil ukuran normal cuman bisa di tumpangin 11 orang sama si abang yang nyetir tuh KOL dan si kenek dan sudah dipastikan KOL itu tidak bisa ditutup pintunya. 

Dengan terpaksa, kita empet-empetan dahsyat… oke masuk penumpang kira-kira 5 orag lagi, oke jalan bang.. tapi apa lagi coba ??? apa lagi ?? si kenek nyuruh penumpang baru untuk masuk. HAH ??? kita ber 5 bingung !! puanasss banget, kagak ada AC, truss yag gue heranin lagi ada pengamen !! pengamen dong.. rempong gak kelitannya?? Aduhh.. aduhhh.. truss, ada lagi yang nawarin jeruk-jeruk gitu yang biasa di bis-bis gede gitu.. waduhhh… bener-bener keren, gokil, mantep, deh pokoknya. 

Udah gitu pada pake bahasa sunda. !! lebih gila lagi gak tuh ?? dan kita ber 5, gak ada yang ngerti bahasa sunda. Kalau ditanya cuman bisa senyum ato ngangguk, kasian banget… Agak lama … udah mulai sesek, gue kira mau berangkat. Tapi apa yang terjadi ?? si kenek maksain masuk penumpang lain, Ya Allah.. salah apa gue semalem.. sumpah empet-empettan deh pokoknya. Gue pengen nangis darah.. dan anehnya gue malah ngakak gak nahan.. heran gak lo ?? gue hitungin penumpang ampe 24 !! hedekkkk.. kudu masuk rekor muri tuh !! wkwkwkwkwkwkwkkkk… bayangin deh, kalau penumpang di samping supir mah udah biasa yah.. kaya ade gue aja yang sering gandulan sama emak gue yang lagi nyetir. Tapi iniloh.. si penumpang duduk di belakang si abang supir .. wkwkwkwkwkwkwkw… ini bukan “KOL” !! bukan juga mobil mini kaya di pandeglang tapi ini adalahh “TOPLES”.. kaya lirik lagu yang di buat Itong dari lagunya ungu yang judulnya cari tempat sembunyi.. Cari tempat sembunyi di dalam TOPLES, aku bisa sembunyi.. pettt empettt-emmppeeettt !!  wuahahahahaa… Akhirnya, ampe penumpang gak bisa masuk lagi dan kita udah pada susah napas, baru sih ntu TOPLES jalan juga hahaha.

Huuuuffff… pejalan menuju Villa Atri (huusss, gak ada yang komen) gak lumayan jauh, hanya sekitar 2 hari satu malem lebih 23 jam 60 menit deh pokokya kira-kira segitu dari terminal #pletak!! Mati Mengenaskan di dalam TOPLES !!! Setengah jam berlalu ternyata kita udah nyampe dan gak jadi mati deh di dalam TOPLES.. Houurreee !! #plok ! plok !.. kan gak keren aja gitu kalau ditemukan para ukhti cantik dan keren mati mengenaskan di dalam angkutan yang bernama TOPLES, hehehe .. 

oya, gue akui kalau orang bandung baik-baik pisan, buktinya waktu kita di dalam TOPLES kita ditawarin makan martabak bareng trus gak lupa sama teh manisnya. Percaya gak ?? gak usah percaya deh, gue juga gak percaya kok.. heheheee.. tapi emang iya kok. Mereka ramah-ramah gitu. Yahhh kecuali si kenek yang ngatain kita budek !! 

Yang pertama kita rasain keluar dari ntu TOPLES adalahh udaranya sejuk banget dan tepatnya Dingin !! ayoooo masuk yukkk …. Bruuukkk !! semua bantingin tubuh, ada yang ke meja, ke tembok, ke bak kamar mandi, ke lantai dan gue cari aman aja untuk bantingin tubuh di atas kasur. Perjalanan yang lumayan jauhh. Tapi gak sejauh waktu gue ke purwokerto dan ke jogja. Rasanya ampe gue alergi duduk deh. Kira-kira sebulan kemudian Kloter pertama datang juga (buset, lama banget ye) kita yang datang pertama pura-pura pingsan getooo, trusss, gue gak nahan untuk ngekek dan loncat-loncat gak jelas dan semua berpelukannnn… hahahahahaaa… this holiday time, !! yuhuyyy.. nyampe juga dan jadi juga ke bandung !!kita pada seneng banget, dan Alhamdulillah semua nya baik-baik aja walaupun sebelumnya bis cloter pertama kebalik di jalan tol dan bis cloter kedua meledak dulu di tol dan bis yang gue tumpangin meleset ke jurang.. semua baik-baik aja #bruk!ngawur.com Pokoknya Alhamdulillah deh, Allah masih ngeRidhoin kita untuk menikmati panorama ciptaan ALLAH forever deh ah !! Karena nyampenya soree, akhirnya kita jalan-jalan sore gituu.. 

udaranya bener-bener belum bersahabat, baru jalan-jalan bentar udah meler aja tuh hidung. Dingin juga.. Perjalan kita lanjutkan besok paginya.
setelah membuat jadwal ala-ala, kita memutuskan untuk datang ke Situ patengga (danau cinta katanya), kawah putih, kolam renang air panas Walini dan udah pasti kebun teh.
 ⦁   
Udara malem di ciwidey bandung dingin,  siang aja dingin apalagi malem coba ? waktu malem gue  dan Eva gak kedapetan kasur, akhirnya aku sama Eva tidur di sofa.. hemmm sabar yee buu.. wkwkwkwkkk.. oya tiba-tiba si Lulu sesek ! HAH ? gimana nih ? aduh-aduh.. cepet-cepet panggilan ambulan ! telepon dokter ? dukun beranak mungkin ? tabib ? #leebbehhh deh ah! minyak kayu putih aja ternyata bisa buat Lulu membaik keadannya, Alhamdulillah. Soalnya kalau manggil dokter siapa yang mau bayar ? hehehe, ceritanya perjalan iritt. hohohoho #ups! jangan buka aib sendiri. Lulu langsung dilumurin minyak 7 rupa sama kemeyan dikit trus di kasih sesajen dan dikipasin pelan. #Loh??, minyak kayu putih maksudnya. duhhh.. sabar yah nak.. alergi bandung deh kayanya. Lulu akhirnya istirahat di selimutin, soalnya kita belum kemana-mana nih. kan gak asyik kalau ada yang sakit.. cepat sembuh yah Lulu.

pagi pertama di Ciwidey gue udah bangunnn, hebatt gak tuh ? dan LULU udah sehat lagi.. HOoorreeeee.. Alhamdulillah sesuatu kalau kata Eva mah. Di ajak Nida untuk meras susu sapi langsung !! mauuuuu dong… eh, udah siap-siap tapi katanya ntar jam 6.30… yaudahh akhirnya gue, Diva dan Mila nekat untuk jalan-jalan di daerah situu.. awalnya biasa,, lama-lama gak kuat . kenapa coba ? dingin banget ! sumpah gak bohong !! kita tuh di kelilingi gunung-gunung !! ada sawahh yang luas banget yang jarang di lihat kalau lagi di ibu kota. Kita kembali ke peternakan sapi....    

Sampai disana, Alhamdulillah udah peras, karena tidak berpengalaman (yah begitulah alasan malesnya). dan inilah untuk pertama kalinya gue pribadi minum susu asli dari sapinya langsung (eh, yang udah peras gitu maksudnya) aduh rasanya luarbiasa, seenak itu ternyata gak ada bau sapinya dan gue nobatkan diri gue SUKA SUSU SAPI.

Setelah menikmati susu sapi dan sarapan kami bersiap menuju wisata pertama kita yakni Situ Patenggang menggunakan mobil Atri dan karena kami berjumlah 13 orang, ternyata satu mobil gak cukup, yang pada akhirnya gue dan uci naik motor bedua, gimana yah ? ah, tanpa basa-basi hayukk, karena gue sangat percaya anak jakarta kaya Uci udah paling jago kalau ngejoki motor, jadilah gue sangat bersedia di gonceng Uci, hehee. perjalanan dimulai gue sama uci ngikut mobil dari belakang.

Naik motor bareng Uci menuju Situ patenggang adalah pengalaman pertama yang seru dan menarik, awalnya yah biasa. Sambil menikmati pemandangan yang subhanallah cuakeppp pisan, ngelewati kebun teh, kebun stowbery, bukit-bukit, pohon-pohon tinggi sumpah kueerreenn banget dehh !! tapi, gue ngerasain hal yang beda dan Uci juga ngerasain apa yang gue rasain #sosweet dan ternyata KITA KEDINGINAN !! tangan udah mulai pucet, hidung udah mulau meler gak karuan, napas udah mulai dingin.. 

perjalanan memang naik-naik ke tempat yang paling dingin, dengan rute jalan yang berbelok dan bertikung tajem. ampe gue nanya sama Uci, "ci, ini pas lu belok gitu badan gue ikut belok juga gak ?" lah gimana gue kagak kagok ini uci bawa motor ngeri juga, bener-bener bisa belok 45 derajat hahahah apa guenya aja yang norak, si Uci mah cuman bilang "udah nyantai aja lu" bener-bener gokil emang si Uci. dengan udara yang dingin kayanya gitu sialnya gue gak pake jaket. Cess ayyyy.. . kaki udah mulai dinggin kaya darah udah mulai naik ke atas kepala. Kita berhenti di kawah putih, dan terpaksa beli sarung tangan yah lumayan lah ketimbang lumayun !! 

Dan Akhirnya kita sampai juga di Situ Patenggang, MasyaAlloh bagus. karena kita sudah sampai kesana gak ke lokasi Batu Cinta itu ada yang kurang, iyah tempat syutingnya My Heart wkwkwkw dan mitos orang-orang nih mah yah.. kalau kita bawa pasangan kita (siapa ??), bakal putus dan gak akan bareng lagi.. wkwkwkwkwkw.. gue mah biasa aja soalnya memang belum ada pasangan. menuju kesana menggunakan perahu, dengan tawar menawar yang didampingi sang pengguna bahasa sunda jadilah bertarif 15.000/orang. 

nah ketika nyampe Batu cinta yang ternyat bentuknya seperti hati ini ada tulisan batu cinta dan beberapa batu hitam, mitosnya kalau kita tulis nama kita sama pasangan sapa gitu, setelah pulang dari tempat itu akan di pertemukan.. hemmmmm ciyuss ?? miapah ??.. okehh gue sama teman-teman setuju untuk nulis "XIX" hemm sapa tau cinta persaudarraan kita tetap abadi dan nanti akan di pertemukan lagi walaupun kita berpisah (edit 2021: WKWKWK INI GAK PATUT BANGET DI CONTOH YAAA) 

ternyata kalau kita nyebrang tuh danau ke lokasi batu cinta ada kebun teh gituuu..  keliatannya panas banget, padahal kalau mau tau, suasananya sejuk dan dingin !! Subhanalloh Sang Pencipta yang sangat Luar Biasa... ampe.. buat video kaya My Heart gituuu.. hak hak hak hak yang maen artis XIX kok. udah nyampe setangah jam gitu kita balik lagi.. udah mulai kabut. kalau kata Eva mah itu asep.. gue juga engehnya juga itu asep. tapi, kalau kata Nida itu kabut beneran, subhanalloh banget. agak lama ujan turun.. untung waktu itu kita udah kembali, kegiatan setelah itu kita makan siang dan belanja untuk oleh-oleh, dan saat gue memutuskan untuk makan aja hahahaha, bersambung (perjalanan ke kawah putih, pemandian air panas, poto di kebun teh, gue uci keujanan di jalanan yang dingin)...

berikut beberapa foto yang diabadikan...













Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"Bro" dan "Ompe" Di Tepian Mahakam

Berawal dari, kegabutanku Kali ini untuk menepi. Iyah ini jadi bagian cerita perjalanan walaupun cerita Kali ini sedang tidak berpegian jauh...