Selasa, 13 Agustus 2013

NGINEP DI JOGJA DADAKAN (CERITA 2013)

perjalan menarik adalah perjalanan yang dimulai.

Perjalanan cukup singkat dan berkesan adalah ketika suatu hari pergi ke Jogja tahun 2013, seperti biasa ketika liburan sekolah aku akan bermain dan berlibur di salah satu teman yang sosoknya mewarnai hariku di masa putih abu-abu, perkenalkan namanya Diena. liburan kali ini Diena dan keluarga berencana untuk pulang kampung, perjalanan yang ditempuh dari jakarta sekitar 7 jam lebih, wah senang banget pokoknya waktu itu diajak pulang kampung juga bareng mereka. setelah beberapa hari di purwodadi Diena punya ide untuk jalan-jalan ke Jogja, dan responku adalah wah kenapa tidak ? hahaha rencana pertama adalah kita hanya benar-benar main, jalan-jalan aja di Jogja lalu kembali sore hari ke

purwodadi karena jaraknya yang ditempuh tidak begitu lama, btw perjalanan ini kami bertiga, aku, Diena dan sepupu Diena namanya Mba Ayu, seumuran kok jadi nasibnya kurang lebih sama hehehe

dimulai dipagi hari yang cerah, setelah keluar dari jalan kampung Diena kita nunggu bis Rela dipinggir jalan, aku pikir bakal nunggu di terminal, ternyata tidak hahaha. bagaimana ekspresiku ketika melihat bis Rela ? body bis dengan kondisi miring ke kiri yang super duper laju, kita dibantu Mas Kentung Sopir Diena waktu itu untuk berhentiin itu bis, kemudian Diena, Mba Ayu dan terakhir disusul aku yang naik, shock banget baru kaki kanan yang naik bisnya langsung ngegas, untuk tanganku cukup kuat waktu itu hahaha, sampai didalam lebih shock lagi karena bisnya penuh dan empet-empetan, bayangin aja perjalanan Purwodadi - Solo memakan waktu sekitar 3 jam gak pegangan tangan, mba Ayu ampe sesak napas dan muntah di dalam bis, untung aja setelah itu ada yang ngasih kursi untuk mba Ayu buat duduk.

sesampainya di terminal SOLO, untuk pertama kalinya nginjek kota Solo, aku cukup kaget, terminal solo yang bagus dan bersih banget, pokoknya gue ngerasain tuh terminal bagus banget hehehe, gak lama-lama di terminal kita langung cari bis langsung ke Jogja, nah bis ke Jogja ini kita cukup mahal biar bisa duduk ceritanya (wah aku lupa harganya berapa saat itu di tahun 2013), kemudian kita minta bis kita berhenti langsung di depan Candi Prambanan, ini kayanya waktu itu ada beberapa penumpang yang berhenti di pinggir jalan, karena aku mempercayai Diena yang emang pernah ke Jogja sebelumnya (Study Tour SMP  dan waktu itu kita akhir SMA yaa hahahah)

Nyampe Candi Prambanan rada siangan, jadi kita explore kecil-kecilan dan mengambil beberapa foto didalamnya, trus kita sempatkan juga untuk ikut jelajah ke candi ratu boko, membeli tiket tambahan kemudian naik bis bersama pengunjung lain yang sudah di fasilitasi kemudian kembali ke candi prambanan. karena kita akan menuju tempat icon Jogja kita memutuskan untuk segera kembali, tidak lupa makan siang yang begitu telat, membeli soto ayam dan makan bersama.

sesampainya di parkiran Candi Prambanan kita naik transjogja menuju halte Malioboro, belum afdol rasanya kalau ke jogja belum ke Malioboro, mencari plang nama malioboro yang berlegenda itu, cukup banyak orang yang mengharuskan kita ngantri hehehehe, jepret sepuasnya sampai lupa kalau waktu itu menunjukan sore hari, padahal ke Jogja gak bawa apa-apa, gak ada niat untuk nginep, karena rencana awalnya cuman main sebentar dan balik lagi ke purwodadi, ditahun 2013 belum kenal yang nama app traveloka dll, rada mangrib juga masih bimbang mau balik atau gak, dari pada ambil pusing kita memilih untuk pergi ke angkringan yang terletak di alun-alun selatan, trus selonjoran, berbaring ngadep langit, ngilangin capek seharian ngetrip ala-ala trus bingung balik atau gak hahaha

setelah dapat ijin dari orantua Diena a.k.a Bude Wiwid terimakasih atas kepercayaan kepada kami untuk stay di Jogja malam ini, dengan penuh keberanian yang luar biasa, dan duit yang seada-adanya hahaha, sambil nikmati malam di jogja kita coba nanya sama penduduk lokal dan dibantu bertanya dengan beberapa teman via sms / bbm / messenger ke temen yang sudah pernah ke Jogja, jawabannya cukup tidak memuaskan hahah, dan kami percayakan kepada penduduk lokal.

namanya jogja, ya Istimewa berserta orang-orangnya jadi berasa aman aja di Jogja, sungguh aman, ampe ketemu bapak becak yang mau nganterin ke penginapan terdekat (kalau dipikir2 sekarang mah, yah ini mah bapak becaknya udah kongkalingkong sama si empunya penginapan hahaha, tapi gak diragukan kebaikannya kok) tempatnya cukup nyaman nyaman horor gimana gitu hahah tapi yaudalah setidaknya bikin kita bisa lebih istirahat lebih nyaman, harga penginapannya waktu itu 175.000/ kamar untuk 3 orang udah dapat sarapan nasi goreng untuk 2 orang, kemudian fasilitas didalam kamar ada minuman, peralatan mandi dan handuk, ya lagi-lagi walaupun tempat sepi dan agak horor hehehe tapi Alhamdulillah masih bisa di nikmati.

malamnya setelah dari penginapan bersih-bersih dan sholat kita lanjut lagi nikmati malioboro yang makin ramai di malam hari apalagi di titik nol. wah seru banget, hangat dan menyenangkan. Mba Ayu membeli beberapa pakaian ganti, sedangkan aku dan Diena memutuskan tidak membeli baju baru hehehe, setelah cukup puas kita kembali ke penginapan dengan jalan kaki, jaraknya cukup jauh sebenarnya tapi karena Jogja rame dimalam hari jadi satu hal yang menarik.

besok pagi kita sudah siap-siap untuk pulang yang akan langsung dijemput dari purwodadi, jadi kita gak harus pusing untuk cari bis pulang. rasanya kaya backpacker ala-ala nyatanya kaya anak hilang hehehe, kita yang tiba-tiba berani untuk tetap ngelanjutin perjalan dadakan ini, menjadi suatu pengalaman yang gak bisa dilupain.

Beberapa foto yang kita abadikan ketika perjalanan Di Jogja tahun 2013. Terimakasih sudah membuat cerita dan pengaman bersama di masalalu.